Selasa, 14 Februari 2012

ujian praktik B.Indo




Naskah Pidato Ujian Praktik Bahasa Indonesia
SMA Negeri 37 Jakarta
Disusun Oleh
Febriany Nuzullina Yusuf
XII-IPA 3


Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat, Ibu Flora dan Ibu Asih selaku dewan juri,serta teman-teman yang saya cintai.
Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas semua nikmat dan karunia yang telah diberikan. Serta shalawat kita haturkan kepada Nabi Muhammad saw. Sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul disini dalam rangka ujian praktik Bahasa Indonesia.
Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tema tentang “Alternatif Lain Selain Kuliah Pasca SMA”.
Ujian Nasional sudah didepan mata. Berbagai persiapan untuk menghadapi Ujian Nasional sudah di upayakan semaksimal mungkin, seperti masuk PTN/PTS favorit dengan berbagai jurusan yang banyak diminati dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas diri dan memperluas wawasan selepas SMA. Namun, apa yang terjadi jika banyak mengalami kendala atau benturan seperti masalah ekonomi,ketidakmampuan daya pikir, terlalu idealis dalam memilih PTN/PTS dan jurusannya bahkan memiliki kepribadian yang moody? Jika itu semua terjadi, apa yang akan dilakukan? Apakah harus diam menunggu tanpa berbuat sesuatu?
Mari kita buka mata, banyak cara untuk meningkatkan kualitas diri dan memperluas wawasan yang tidak hanya bisa didapatkan dibangku kuliah, seperti kursus, mengikuti pelatihan, mengikuti seminar, maupun masuk ke berbagai klub pendidikan. Namun untuk mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Lalu jika demikian,apakah kita harus kembali terdiam karena mendengar kata “biaya mahal”?
Banyak peluang yang tersedia untuk meningkatkan kualitas tamatan SMA dan untuk mendapatkan serta membuka peluang usaha baru. Seperti mengikuti program yang disediakan pemerintah melalui balai latihan kerja. BLK (balai latihan kerja) terdapat disetiap wilayah tanpa dipungut biaya dengan persyaratan yang sangat mudah dan tersedia berbagai pilihan bidang. Seperti Otomotif, Tata Boga, Tata Rias, Elektronik, Bahasa Inggris, Bahasa Korea dll. Selain itu juga terdapat LBIQ (lembaga bahasa dan ilmu al-quran) yang menyediakan berbagai program seperti pengkajian al-quran,bahasa arab,dll. Atau bisa juga dengan mengikuti forum komunikasi diberbagai situs internet,seperti www.indonesiaberbagi.org; www.forumlingkarpena.com dan masih banyak lagi forum komunikasi yang sangat bermanfaat.
            Dengan demikian, untuk meningkatkan kualitas diri dan wawasan tidak hanya bisa didapatkan dibangku kuliah. Dengan tersedianya berbagai macam kegiatan pendidikan seperti yang tadi saya su     dah sampaikan juga bisa mendukung cita-cita kita tanpa harus kuliah.
Saya berharap apa yang sudah saya sampaikan tadi bisa membuka cakrawala berpikir teman-teman dalam memilih alternatif selain kuliah.
Sukses untuk kita semua,selamat berjuang dan mohon maaf bila ada kesalahan dalam perkataan saya.
Selamat siang,
           
Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar